Thursday, July 8, 2010

Serial Tweets Tentang Semut & Mengatasinya

Sunday, 27th of June.

Semut itu buta. Mereka andalkan peraba (antena) & jejak kimiawi untuk navigasi. Itu sebab semut jalannya nggak lurus @yayanmulyana

Semut berkomunikasi dg pheromone, senyawa kimia yg ditebarkan saat berjalan. Semut "mencium" pheromone menggunakan antena mereka.

Kalau pheromone yg ditebar makin kuat, mereka akan ikuti alur tersebut. Seperti feedback. Itu sebab semut bisa cepat berkumpul.

Itu sebab mengapa sumber makanan cepati dirubungi semut, karena jejak pheromone makin kuat & makin menarik bagi semut.

Jejak pheromone itu jg yg jadi penunjuk jalan pulang bagi semut sehingga nggak nyasar saat pulang. Bagaimana kalau makanan habis?

Saat makanan yg dikerubungi sdh habis maka semut menyebar, sehingga tumpukan pheromone melemah & tersebar. Ini memberi tahu semut lain.

Pheromone juga bisa mengkomunikasikan wilayah berbahaya. Sesaat sebelum mati, semut menyebar pheromone khusus penanda area bahaya.

Pheromone jg yg digunakan untuk menandai rute alternatif, kalau jalan dihalangi, maka semut pekerja memutar & tebarkan jejak baru.

Pola jalan semut kelihatan random, tp sebenarnya tidak sepenuhnya begitu. Semut jg perhatikan kontur & efisiensi penebaran pheromone.

Bagaimana cara kita menghalangi semut masuk ke suatu tempat makanan? Selain menutup wadah & mengikat bungkus, jg bisa dg bubuk cabe.

Masih ingat serial tweets saya tentang cabe? Bahwa cuma burung & bekicot yg tahan cabe? Nah semut jg ternyata tdk tahan cabe.

Selain itu jg bisa gunakan larutan asam borax. Ada jg yg gunakan kapur semut. Tp perlu hati2 terhadap kapur semut.

Sorry tadi terpotong karena kegiatan rutin ngantar anak pergi latihan. Harap maklum ya. Tadi sampai kapur semut ya?

Yg disebut kapur semut itu sebenarnya kapur tulis biasa yg direndam dalam cairan insektisida. Jadi waspadai insektisida di dalamnya.

Bila digunakan secara sembarangan bisa menimbulkan kekebalan & juga mencemari lingkungan kita. Waspadai dari jangkauan anak kecil.

Sama seperti serangga lain, semut jg penghindar air. Jd agar semut tdk naik ke meja, taruh air di alas gelas & letakkan di kaki2 meja.

Semut jg tdk tahan terhadap asam sitrat yg ada pd keluarga buah jeruk. Jadi perasan kulit jeruk bisa digunakan utk mengusir semut.

Bagaimana kalau makanan kita keburu dikerubungi semut? Cara saya: masukkan ke kulkas selama 20 menitan. Semut akan mati/lumpuh.

Betul, asam borax (bisa dibeli di toko kimia) jg bisa tidak baik bagi kita & lingkungan. Itu sebabnya saya tambahkan cara2 lain.

Hahaha masih ada jg yg simpan arsip "Caraka"? Buat teman2 lain: Caraka itu milis. Isinya mirip @hotradero saya bikin 12-13 thn lalu @irfant

Betul @devitaharya pheromone yg dikeluarkan semut adlh kelas senyawa kimia sama yg dikeluarkan oleh hewan2 lain bila sedang birahi.

Belum pernah dengar ttg penggunaan teh celup bekas buat ngusir semut. Ada yg pernah coba? @tajakusumah

Saya jg heran, semut sekarang bisa nembus bungkus Indomie. Rasanya dulu tdk begitu. Semut tambah ganas atau bungkus makin tipis? @IchaJuryko

Mungkin harus diarsir, atau bisa jg krn semutnya sudah kebal @jvzman

Ini temen dr Cambridge yg jago algoritma RT @kutabar: Algoritma pathfinding semut lagi naik daun (ha!) bwt numerical optimisation re:ants

RT @neosisifus: Klo sy, makanan yg dirubung semut taruh di piring, lalu letakkan di atas tungku kompor (tak perlu dinyalakan). Semut bubar.

OK terakhir ttg penanggulangan semut: kalau ketemu sarangnya, siram pakai air mendidih. Koloni semut akan hancur & semut hilang.

Hi Tika, terima kasih atas rekomendasinya. Titip salam saya buat teman2 Project Pop. Ada teman2 SD sampai kuliah di PPop @TikaPanggabean

Makanya metode air mendidih saya tulis paling akhir. Hanya dilakukan kalau semutnya sudah tidak terkendali lagi @TikaPanggabean

No comments: